Program Pendalaman Mata Kuliah

publication1

PROGRAM PENDALAMAN

MATA KULIAH

I. PENDAHULUAN

Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi, khususnya Pasal 22 tentang Otonomi Perguruan Tinggi dan Pasal 23 tentang Otonomi Pengelolaan Perguruan Tinggi Negeri, bahwa Perguruan Tinggi memiliki kewenangan untuk menetapkan norma, kebijakan operasional, termasuk menetapkan kurikulum, proses pembelajaran, penilaian hasil belajar, persyaratan kelulusan, hingga pelaksanaan wisuda.

Sehubungan dengan hal tersebut, Sekolah Tinggi Ekonomi dan Perbankan Islam Mr. Sjafruddin Prawiranegara Jakarta akan menyelenggaran pendalaman Mata Kuliah dalam rangka memperkaya kajian dan daya analisis mahasiswa terhadap mata kuliah tertentu. Pendalaman tersebut juga sebagai bentuk pemenuhan atas capaian pemahaman mahasiswa atas mata kuliah tertentu yang dinilai memiliki pemahamanan belum memuaskan.

 

II. BENTUK PENDALAMAN

Bentuk Pendalaman Mata Kuliah ini dapat dilakukan dengan beberapa bentuk pendalaman, yaitu:

  1. Perkuliahan tatap muka

Yaitu perkuliahan tatap muka dengan dosen pengampu yang disetarakan dengan 14 kali pertemuan dan diakhiri dengan ujian Akhir untuk menetukan nilai dan kelulusan. Pendalaman ini dilakukan apabila jumlah mahasiswa pendaftar program pendalaman kurang berjumlah lebih dari 5 mahasiswa.

  1. Riset dan Penugasan

Yaitu pelaksanaan penelitian dan penugasan yang dibimbing oleh Dosen pengampu yang diakhiri dengan penyusunan karya tulis (makalah) atas mata kuliah dimaksud untuk selanjutnya dapat diberikan nilai. Pendalaman ini dilakukan apabila jumlah mahasiswa pendaftar program pendalaman kurang berjumlah antara 3-5 mahasiswa

  1. Seminar dan diskusi panel

Yaitu pelaksanaan seminar dan diskusi panel yang harus disaksikan oleh mahasiswa umum (lintas angkatan). Terlebih dahulu mahasiswa membuat makalah berdasarkan tema mata kuliah sebagai bahan seminar dan diskusi panel. Makalah tersebut diuji oleh dosen mata kuliah yang sekaligus menjadi panelis dan para mahasiswa yang hadir dalam seminar. Seminar dan diskusi panel ini dilakukan sedikitnya 3 kali selama proses pendalaman. Program ini dilaksanakan apabila jumlah mahasiswa pendaftar kurang dari 2 mahasiswa.

 

III. KETENTUAN UMUM

Secara umum seluruh Mahasiswa diberikan hak untuk melakukan pendalaman mata kuliah. Akan tetapi pendalaman ini lebih diprioritaskan untuk:

  1. Mahasiswa yang memiliki nilai akhir mata kuliah kurang 60 atau setara dengan nilai C. Tetapi tidak membatasi mahasiswa dengan nilai lebih dari 60 untuk dapat mengikuti program ini.
  2. Minimal telah masuk semester 7 untuk Prodi S1 dan semester 5 untuk Prodi D3
  3. Membayar biaya sebagaimana yang telah ditetapkan.
  4. Pemilihan bentuk pendalaman disesuaikan dengan jumlah calon mahasiswa program Pendalaman yang melakukan pendaftaran (Tidak diperkenankan memilih bentuk pendalaman sendiri)

 

IV. PERSYARATAN PENDALAMAN

Persyaratan untuk dapat melaksanakan pendalaman adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa mengisi form pendaftaran program pendalaman (Form disediakan/Via Online)
  2. Membayar biaya program pendalaman sebesar 300.000,- untuk setiap mata kuliah yang didaftar. Namun, apabila mata kuliah diiukti oleh lebih dari sama dengan 5 mahasiswa, maka biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap mahasiswa adalah sebesar Rp. 75.000,- untuk setiap mata kuliah yang didaftar

 

V. JADWAL PENDALAMAN

Program Pendalaman ini akan dilaksanakan pada waktu sebagai berikut:

  1. Pendaftaran : Tanggal 10 – 21 September 2016
  2. Penyusunan jadwal dan penentuan Program : Tanggal 22-23 September
  3. Pelaksanaan Program : Tanggal 26 September – 20 Oktober 2016
  4. Penilaian : Tanggal 21-14 Oktober 2016

 

VI. LAIN-LAIN

  1. Model pendalaman dengan bentuk perkuliahan tatap muka, riset dan penugasan dilaksanakan sesuai dengan kebijakan masing-masing dosen pengampu mata kuliah.
  2. Mahasiswa program Pendalaman wajib mengikuti seluruh kebijakan yang telah ditentukan oleh masing-masing dosen pengampu.
  3. Pelaksanaan Program pendalaman dengan bentuk seminar serta diskusi panel dilakukan di aula utama dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa Stebank sebanyak 3 kali selama masa pelaksanaan Program dengan melibatkan para dosen yang bertindak sebagai panelis untuk menguji dan melakukan pendalaman atas materi yang diseminarkan.

Demikian, hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan program Pendalaman sebagai bentuk asistensi Perguruan Tinggi kepada mahasiswa atas pemahaman mahassiwa terhadap mata kuliah tertentu.

 

PENTING: Pendaftaran Online Program ini dapat dilakukan DI SINI

Jakarta, September 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *