Sosialisasikan Kampus: Mahasiswa STEBANK Islam Kunjungi Beberapa Sekolah di Karawang

Foto: Biro Humas STEBANK

Karawang— Pada tanggal 2 Mei yang lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), secara resmi telah mengumumkan hasil Ujian Nasional (UN) SMA/SMK/Sederajat.

Selain merupakan hari bersejarah bagi siswa kelas 12, hasil UN juga menandakan peralihan masa SMA (Sekolah Menengah Atas) atau sederajatnya, menuju ke jenjang selanjutnya. Dalam kondisi inilah, para siswa/i dilanda perasaan dilematis yang luar biasa. Yang demikian itu sangatlah wajar, mengingat mereka dihadapkan pada banyak pilihan; lanjut kuliah atau mencari nafkah.

Bagi yang hendak lanjut kuliah, mereka juga tak lepas dari sebuah masalah; mulai dari masalah ekonomi, dukungan orang tua dan bingung memilih perguruan tinggi atau jurusan yang akan dituju. Walhasil, tak jarang faktor ekonomi dan dukungan orang tua membuat para pemuda lulusan SMA menjadi pengangguran.

Dalam bingkai itulah, sejumlah mahasiswa STEBANK Islam Mr. Sjafruddin Prawiranegara Jakarta dengan kesepakatan pimpinan kampus, tergerak hatinya untuk berkunjung ke beberapa sekolah di Karawang guna mensosialisasikan mengenai mekanisme untuk dapat menimba di  perguruan tinggi yang beralamat di Johar Baru Jakarta Pusat tersebut. Bahkan tidak hanya sekedar mengenalkan kampus, lebih dari itu, juga menawarkan program-program unggulan, seperti beasiswa kuliah, program tahfidh sepuluh bulan dan program-program pemberdayaan lainnya.

Adapun sosialisasi yang digelar selama tiga hari (02-04/5) ini difokuskan di daerah Karawang. Sekolah yang dikunjungi para mahasiswa STEBANK adalah MAN Rengasdengklok, SMK Perbankan Indonesia, MAN 4 Karawang, SMK Nurul Ansori Karawang, SMA Nurus Salam, dan SMK PGRI Karawang, Jawa Barat. Karawang menjadi sasaran pertama kampus STEBANK karena daerahnya terjangkau sehingga akses ke STEBANK sangat mudah.

Dalam kunjungan ke SMK PGRI Karawang, mahasiswa STEBANK disambut baik oleh wakil kepala sekolah, Asep Saepullah, S.Pd dan Encep  Sunarya S. kom, bidang kurikulum.

Sementara itu, ketika sambutan, Asep Saepullah mengucapkan terimakasih banyak kepada mahasiswa STEBANK telah berkunjung ke sekolahnya. Selain itu, ia juga sangat apresiatif dengan adanya program unggulan di STEBANK, yakni Program Tahfidz. “ saya kira jurusannya berbau agama seperti PAI, ternyata setelah baca brosur, saya sedikit terkejut jurusannya perbankan Islam yang berbau ekonom tapi program tambahannya menghafal Alquran,” ujar (04/05/2018).

Masih di SMK PGRI Karawang, kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan penyampaian materi yang diselingi tanya jawab (Kuis), sekaligus menampilkan profil dan kegiatan kampus dalam bentuk power point. Penyampaian materi dilakukan oleh perwakilan mahasiswa.

Materi yang disampaikan antara lain seputar persiapan memasuki perguruan tinggi, cara mendapatkan beasiswa kuliah, kegiatan mahasiswa  pada saat beraktivitas di kampus dan yang tidak lupa adalah memotivasi siswa/i nya untuk tetap semangat dalam menuntut ilmu.

Andi Prayoga, sebagai koordinator sosialisasi, yang juga sebagai pemateri dalam kesempatan tersebut, menuturkan, kegiatan sosialisasi ini harus setiap tahun diselenggarakan di sekolah-sekolah, guna memberikan informasi sekaligus rujukan bagi para lulusan SMA yang hendak melanjutkan ke jenjang kuliah. “Adik-adik di SMK ini dan sekolah sederajat lainnya pasti sangat membutuhkan jaringan informasi-informasi terkait perguruan tinggi dan beasiswa kuliah. Makanya kami berinisiatif mempromosikan kampus, khususnya kampus STEBANK dan beasiswanya, ujar mahasiswa semester empat tersebut”, ujar darah Aceh itu di depan puluhan siswa SMK PGRI Karawang, (04/5/2018).

Mewakili siswa SMK PGRI Karawang, Indra Citra mengungkapkan bahwa dirinya beserta teman-temannya senang dan semakin termotivasi untuk melanjutkan belajar di perguruan tinggi. “Dengan adanya acara seperti ini (sosialisasi perguruan tinggi-red), kami semakin tergugah untuk lanjut kuliah. Terlebih di STEBANK, yang menawarkan beasiswa plus-plus”, ujar siswa yang baru lulusan itu dengan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *