Studium Generale STEBank akan disampaikan oleh Prof. Muliaman D. Hadad Dubes RI untuk Swiss

Sekolah Tinggi Ekonomi dan Perbankan Islam Mr. Sjafruddin Prawiranegara (STEBank) akan menyelenggarakan Studium Generale atau kuliah umum. Studium Generale dilaksanakan secara rutin setiap awal tahun tahun akademik yang diisi oleh tokoh-tokoh nasional yang mana kali ini disampaikan oleh Prof. Muliaman D. Hadad, Ph.D.

Tema yang diangkat adalah “Prospek Digitalisasi Ekonomi Syariah : Tantangan dan Harapan”. Acara ini dilaksanakan pada Senin, 28 September 2018 melalui Zoom Meeting dan terbuka untuk umum. Acara akan dibuka oleh Ketua Umum YAPI Dr. dr. Wawan Mulyawan, Sp.BS (K)., Sp. AK., AAK dan Ketua STEBank Dr. Aries Muftie, SH., MH. Acara di pandu oleh Dian Utami mahasiswa semester 7 STEBank dan sebagai moderator adalah Saprudi, SE., MM., M.Ak dosen STEBank, dan sebagai pembicara adalah Prof. Muliaman D. Hadad, Ph.D.

Prof. Muliaman D. Hadad, Ph.D adalah kelahiran Bekasi, 3 April 1960. Beliau menyelesaikan S1 Jurusan Pembangunan di FE UI tahun 1984, menyelesaikan S2 di John F Kennedy School of GovernmentHarvard University, USA tahun 1991 dan menyelesaikan S3 dari Faculty of Bussines and Economics, Monash University, Australia tahun 1996. Lalu pada tahun 2018 menjadi Guru Besar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip.

Prof. Muliaman D. Hadad, Ph.D memulai karir sebagai staf umum Bank Indonesia cabang Mataram tahun 1986, Pada 2003 ia diangkat sebagai kepala Biro Stabilitas Sistem Keuangan dan Direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan sejak 2005, lalu menjadi Deputi Gubernur termuda pada saat itu di tahun 2006. Pada tahun 2012 diangkat sebagai ketua komisioner Otoritas Jasa Keuangan yang ditunjuk oleh DPR secara aklamasi.

Prof. Muliaman D. Hadad, Ph.D di samping aktif di karir dan di dunia akademisi beliau juga aktif di berbagai organisasi. Pada saat kuliah S1 beliau adalah warga Asrama Sunan Gunung Jati (ASGJ) di bawah naungan Yayasan Asrama Pelajar Islam (YAPI) dan menjadi ketua asrama, lalu di kegiatan organisasi lainnya beliau sebagai Sekjen PP ISEI (2003-2006 dan 2006-2009), Sekretaris Dewan Penasehat Indonesian Risk Proffesionals Association (IRPA), dan Ketua Komite Evaluasi Program Pendidikan dan Latihan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI). Juga sebagai dosen Pascasarjana Universitas Indonesia dan Ketua ILUNI FE 2007-2010.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *